Tentang Harga Beras dan Harga Beras 10 kg

  • Whatsapp
beras 10 kg
beras 10 kg
banner 468x60

Harga Beras 10 kg – Pasokan beras di pasar dunia mengalami pengetatan karena berbagai faktor. Ini termasuk cuaca buruk di beberapa daerah penghasil beras, penggunaan lahan pertanian untuk perumahan, industri dan untuk memenuhi permintaan bahan bakar nabati yang meningkat pesat; mengubah preferensi makanan di Cina; dan spekulasi harga. Vietnam, yang secara tradisional merupakan produsen beras surplus, telah memberlakukan larangan ekspor beras. Sementara itu, Bangladesh – biasanya pengimpor beras besar – mengalami panen buruk dan menghadapi kekurangan pangan.

Pemerintah khawatir jika harga beras tetap tinggi atau terus meningkat karena hal ini berisiko menimbulkan masalah ekonomi dan politik yang serius. Makanan adalah item utama dalam anggaran rumah tangga untuk keluarga yang hidup di ambang kemiskinan. Jika harga makanan pokok seperti beras naik, rakyat miskin hanya punya sedikit pilihan: kurangi konsumsi pangan; makan makanan yang lebih murah dan kurang bergizi; atau berhemat dengan tidak menyekolahkan anak. Semua tindakan ini memiliki efek tidak langsung bagi generasi berikutnya. Harga pangan yang tinggi juga meningkatkan ketidakstabilan politik. Selain itu, beras merupakan bagian integral dari budaya Asia – khususnya di bagian barat kepulauan Indonesia.

Robert Zeigler, kepala Lembaga Penelitian Padi Internasional (IRRI) yang berbasis di Filipina menyatakan bahwa masalah utamanya adalah “Tidak ada cukup lahan”. Meskipun beras tidak digunakan untuk memproduksi etanol, penggunaan biji-bijian lain untuk produksi agrofuel dapat mempengaruhi pasokan serealia lain dan menyebabkan kenaikan harga.

Pertanian di Indonesia sudah sangat dipengaruhi oleh variasi periodik curah hujan yang disebabkan oleh El NiƱo-Southern Oscillation (ENSO). Hal ini juga mungkin akan sangat terpengaruh oleh perubahan iklim jangka panjang. Sebuah studi oleh Universitas Stanford yang berbasis di AS menggunakan keluaran dari semua 20 model iklim global yang disediakan oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim untuk melihat bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi curah hujan di Indonesia selama 50 tahun ke depan di daerah-daerah penting penanaman padi di Bali dan Java 3

Sebelumnya, IRRI telah mempromosikan penelitian varietas beras hasil rekayasa genetika sebagai jawaban atas kekurangan pangan dan kenaikan harga. Tapi GMO bukanlah ‘peluru perak’. Selain itu, ada masalah tentang siapa yang mengontrol penelitian ini dan untuk apa. Perusahaan bioteknologi raksasa dapat meningkatkan ketergantungan pada varietas benih dan masukan dengan mengorbankan orang miskin. Jenis padi baru yang lebih unggul dapat diproduksi dalam sepuluh tahun ke depan, tetapi masalah sebenarnya bukanlah masalah yang dapat diperbaiki oleh teknologi. 

Di Indonesia sendiri permintaan beras terus meningkat dimana beras merupakan makanan pokok di Indonesia, namun sayangnya ketersediannya pun semakin terbatas. Karena hal itulah akhirnya Indonesia banyak mengimport beras dari luar negeri. Harga beras pun semakin hari semakin naik. Harga beras ditentukan dari kualitas berasnya. 

Beras yang dijual di pasaran pun bermacam-macam, berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Beras dijual dengan berbagai macam ukuran kemasan, mulai dari 5 kg, 10 kg, dan 50 kg. 

Untuk saat ini harga beras untuk ukuran 10 kg berkisar 100 hingga 120 ribu rupiah.  Namun, harga bisa jadi berbeda di tiap daerahnya.

Berikut Daftar Harga Beras 10 kg Terbaru

Harga BERAS BMW PANDAN WANGI 10 KGRp120.000
Harga Beras Rojolele Kwalitas Bagus 10KgRp110.000
Harga BERAS SUPER BMW AAA ASLI PANDAN WANGI 10KGRp120.000
Harga Beras Sumo Merah Premium 10KGRp125.000
Harga BERAS ROJOLELE 10KGRp110.000
banner 300x250
banner 468x60